Senin, 25 Mei 2015

Tahap pembelajaran pendekatan Jigsaw

Tahap pembelajaran pendekatan Jigsaw
Jigsaw adalah sebuah metode pembelajaran yang memiliki langkah-langkah berikut ini:
1.      Siswa dibagi berkelompok, tiap kelompok anggotanya 5-6 orang (kelompok asal).
2.      Membagi materi.
Materi pelajaran diberikan kepada kelompok asal dalam bentuk teks yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa sub bab
3.      Membaca.
Setiap anggota kelompok membaca sub bab yang ditugaskan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya.
4.      Diskusi kelompok ahli.
Anggota dari masing-masing kelompok asal yang telah mempelajari materi yang sama, berdiskusi dalam kelompok-kelompok ahli untuk  mendiskusikannya dan membahas materi yang ditugaskan pada masing-masing anggota kelompok serta membantu satu sama lain untuk mempelajari topik mereka tersebut..
5.      Laporan kelompok.
Setelah pembahasan selesai, para anggota kelompok ahli kemudian kembali pada kelompoknya (kelompok asal) dan mengajarkan pada teman sekelompoknya apa yang telah mereka dapatkan pada saat pertemuan di kelompok ahli di atas. Para ahli kelompok tersebut harus mampu untuk membagi pengetahuan yang di dapatkan saat melakukan diskusi di kelompok ahli, sehingga info materi tersebut diterima oleh setiap anggota pada kelompok asal.
6.      Tes.
Siswa mengerjakam kuis secara individu. Soal tersebut mencakup seluruh topik yang telah dipelajari dan didiskusikan
7.      Penghargaan kelompok

Masing-masing kelompok mendapatkan skor. Kelompok dengan skor tertinggi berhak mendapatkan penghargaan.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar