Senin, 25 Mei 2015

Tahap pembelajaran pendekatan CTL

Tahap pembelajaran pendekatan CTL
Penerapan pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh komponen yaitu adalah:
1.      Konstriktivisme (Constructivisme)
Mengembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara dai sendiri yang bekerja, dia juga menemukan sendiri, dan juga mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru. Dalam hal menulis, siswa dapat mengetahui sistematika menulis karangan, seperti puisi, cerita, dan lainnya. dengan belajar menulis karangan tanpa bantuan guru.
2.      Menemukan (Inquiry)
Guru harus merancang kegiatan pembelajaran yang merajuk pada kegiatan menemukan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Dengan sendiri belajar menulisi, siswa pun dapat menemukan langsung cara menulis yang benar.
3.      Bertanya (Questioning)
Mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan kegiatan bertanya.
4.      Masyarakat Belajar (Learning Community)
Terciptanya belajar di masyarakat dengan pembentukan kelompok-kelompok belajar yang anggotanya heterogen.
5.      Pemodelan (Modeling)
Guru menghadirkan model sebagai contoh atau media dalam proses belajarnya. Di dalam pembelajaran menulis itu bisa menggunakan model yang berada di lingkungan sekitar siswa.
6.      Refleksi (Reflection)
Refleksi itu dilakukan ketika kegiatan akhir belajar, misalnya dengan mencatat hal-hal yang telah dipelajari diskusi maupun hasil karya.
7.      Autentik Asesmen (Authentic Assessment)

Melakukan authentic assessment (penilaian sebenarnya) dengan berbagai cara, baik dalam proses maupun hasil sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar