Tahap
pembelajaran pendekatan CTL
Penerapan
pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh komponen yaitu adalah:
1. Konstriktivisme (Constructivisme)
Mengembangkan
pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara dai sendiri yang
bekerja, dia juga menemukan sendiri, dan juga mengkonstruksi sendiri
pengetahuan dan keterampilan baru. Dalam hal menulis, siswa dapat mengetahui
sistematika menulis karangan, seperti puisi, cerita, dan lainnya. dengan belajar menulis karangan tanpa
bantuan guru.
2.
Menemukan
(Inquiry)
Guru
harus merancang kegiatan pembelajaran yang merajuk pada kegiatan menemukan
hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Dengan sendiri belajar
menulisi, siswa pun dapat menemukan langsung cara menulis yang benar.
3. Bertanya (Questioning)
Mengembangkan
sifat ingin tahu siswa dengan kegiatan bertanya.
4.
Masyarakat
Belajar (Learning Community)
Terciptanya
belajar di masyarakat dengan pembentukan kelompok-kelompok belajar yang
anggotanya heterogen.
5. Pemodelan (Modeling)
Guru
menghadirkan model sebagai contoh atau media dalam proses belajarnya. Di dalam
pembelajaran menulis itu bisa menggunakan model yang berada di lingkungan
sekitar siswa.
6.
Refleksi
(Reflection)
Refleksi
itu dilakukan ketika kegiatan akhir belajar, misalnya dengan mencatat hal-hal
yang telah dipelajari diskusi maupun hasil karya.
7.
Autentik
Asesmen (Authentic Assessment)
Melakukan
authentic assessment (penilaian sebenarnya) dengan berbagai cara, baik
dalam proses maupun hasil sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar